Sedikit nge-break tak biasa dari aktifitas sebelumnya pada artikel ini penulis tidak akan menuils artikel tentang excel namun tentang ‘pembajakan’, tak biasanya penulis artikel diluar tema blog ini hal ini dikeranakan adanya penemuan dari seorang teman facebook di daerah jawa (timur apa tengah yah ?? lupa nanyain ) dimana beliau menemukan dua rtikel di blog ini jelas secara nyata dijadikann bahan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMA kelas XI, hampir 99% redaksi yang tercantum di LKS tersebut mirip dengan artikel asli dari blog ini, apalagi gambar ilustrasi yang digunakan 100% milik penulis hal ini teridentifikasi oleh teman facebook dari ilustrasi tercantum nama penulis, nama istri dan nama anak pada contoh kasus tersebut.
Adapun dua artikel yang digunakan dalam LKS tersebut yaitu :
Untuk sedikit membuktikan berikut screen shoot dari LKS yang telah discan oleh teman facebook :
Sedikit ganjalan di hati penulis adalah tidak adanya konfirmasi ke penulis untuk menggunakan sebagaian dari artikel yang ada pada blog milik penulis untuk dijadikan bahan ajar, padahal sekecil apapun juga tulisan tersebut adalah hak cipta (hak intelektual) meskipun penulis tidak menuntuk biaya atas penggunaan materi dalam blog, setidaknya penulis memperoleh konfirmasi dari pengarang LKS atau buku tersebut, apalagi hal ini digunakan untuk media pendidikan yang notabene menjunjung tinggi pengahrgaan atas intelektualitas dan tidak mendidik untuk membajak kepada siswanya.
Sebagai pentutup sedikit penulis kutipan status facebook dari teman facebook tersebut :
temen dpt pr dari dosen ttg excel mnta di ajarin, stelah tak liat aq kaya’ pernah lihat format yg sama. setelah di inget” ternyata formatx tmen sendiri (Teu Wawuh). dosen ngasih pr jiplakan, mahasiswa akhirnya pandai njiplak…dosen kencing berdiri mahasiswa kencing sambil njoki…..(wkwkwkwkw) — with Teu Wawuh.
Sebagai catatan ‘teu wawuh’ adalah nama penulis di facebook …
Lah apalagi ini..kelas dosen ko njiplak …(tak bisa berkata-kata … tuing)..
0 comments: